Kelompok 8 - PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM


Hello, salam hangat semuanya! Kali ini saya akan membagikan informasi tentang pemanfaatan aplikasi google classroom, Yuk disimak!

Sejarah Google Classroom

Google Classroom diumumkan pada 6 Mei 2014, dengan pratinjau tersedia untuk beberapa anggota program Google G Suite for Education. Ini dirilis secara publik pada tanggal 12 Agustus 2014. 


  1. Pada tahun 2015, Google mengumumkan API kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator sekolah dan pengembangan untuk lebih terlibat dengan Google kelas. Juga Google mengintegrasikan Google Kalender ke dalam kelas untuk penugasan tenggat waktu, kunjungan lapangan, dan pebicara kelas.


  1. Pada tahun 2017, Google membuka Kelas untuk memungkinkan pengguna Google pribadi untuk bergabung dengan kelas tanpa persyaratan memiliki akun Google Apps for Education,  dan pada bulan April tahun yang sama, menjadi mungkin bagi setiap pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas.


  1. Pada tahun 2018, Google mengumumkan penyegaran ruang kelas, menambahkan bagian pekerjaan kelas, meningkatkan antarmuka penilaian, memungkinkan penggunaan kembali pekerjaan kelas dari kelas lain, dan menambahkan fitur bagi guru untuk mengatur konten berdasarkan topik.


  1. Pada tahun 2019, Google memperkenalkan 78 tema bergambar baru dan opsi untuk menarik dan melepaskan topik dan tugas di bagian pekerjaan kelas.


Pengertian Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan pengiriman penugasan, Google Docs, Sheets, dan Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh guru. Aplikasi seluler, tersedia untuk perangkat iOS dan Android, memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan untuk setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja bersama dengan melalui komentar.


Google Classroom mengikat Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides, dan Gmail bersama-sama untuk membantu lembaga pendidikan beralih ke sistem tanpa kertas. Google Kalender kemudian diintegrasikan untuk membantu menentukan tanggal jatuh tempo, kunjungan lapangan, dan pembicara kelas. Siswa dapat diundang ke ruang kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di antarmuka pengguna siswa atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas yang dibuat dengan Google Classroom membuat folder terpisah di Google Drive masing-masing pengguna, di mana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh seorang guru. 


eLearningIndustry menguji dan membuat ulasan tentang Google Classroom, di mana mereka menyoroti banyak aspek positif dan negatif. Di antara kekuatan Kelas, ulasan tersebut menyoroti kemudahan penggunaan, aksesibilitas perangkat universal, penggunaan Google Drive sebagai cara yang efektif bagi guru untuk berbagi tugas dengan siswa dengan cepat, proses tanpa kertas yang berarti akhir pencetakan, pembagian, dan berpotensi kehilangan pekerjaan, dan sistem umpan balik cepat antara siswa dan guru. Di antara kelemahan Classroom, ulasan ini menyoroti integrasi layanan Google yang berat pada aplikasi dan layanan dengan dukungan terbatas atau tanpa file atau layanan eksternal, kurangnya kuis dan pengujian otomatis, dan kurangnya percakapan langsung yang dapat membantu dalam upaya umpan balik.


  1. Fitur – Fitur Google Classroom

  1.  Penugasan 

Penugasan disimpan dan dinilai pada rangkaian aplikasi produktivitas Google yang memungkinkan kolaborasi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa. Alih-alih berbagi dokumen yang berada di Google Drive siswa dengan guru, file di-host di Drive siswa dan kemudian dikirim untuk dinilai. Guru dapat memilih file yang kemudian dapat diperlakukan sebagai templat sehingga setiap siswa dapat mengedit salinan mereka sendiri dan kemudian kembali untuk nilai alih-alih membiarkan semua siswa melihat, menyalin, atau mengedit dokumen yang sama. Siswa juga dapat memilih untuk melampirkan dokumen tambahan dari Drive mereka ke tugas.


  1. Penilaian 

Google Classroom mendukung banyak skema penilaian yang berbeda. Guru memiliki opsi untuk melampirkan file ke tugas yang dapat dilihat siswa, diedit, atau mendapatkan salinan individu. Siswa dapat membuat file dan kemudian melampirkannya ke tugas jika salinan file tidak dibuat oleh guru. Guru memiliki opsi untuk memantau kemajuan setiap siswa pada tugas di mana mereka dapat membuat komentar dan mengedit. Tugas yang diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa merevisi tugas dan dikembalikan. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugas.


  1. Komunikasi 

Pengumuman dapat diposting oleh guru ke pengumuman kelas yang dapat dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Siswa juga dapat memposting ke pengumuman kelas tetapi tidak akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh guru dan dapat dimoderasi. Berbagai jenis media dari produk Google seperti video YouTube dan file Google Drive dapat dilampirkan ke pengumuman dan pos untuk berbagi konten. Gmail juga menyediakan opsi email bagi guru untuk mengirim email ke satu atau lebih siswa di antarmuka Google Classroom. Kelas dapat diakses di web atau melalui aplikasi seluler Kelas Android dan iOS.


  1. Laporan Orisinalitas 

Laporan orisinalitas diperkenalkan pada Januari 2020. Ini memungkinkan pendidik dan siswa untuk melihat bagian dan bagian dari karya yang diajukan yang berisi kata-kata yang persis atau mirip dengan yang dari sumber lain. Untuk siswa, ini menyoroti bahan sumber dan tanda kutip yang hilang untuk membantu siswa dalam meningkatkan tulisan mereka. Guru juga dapat melihat laporan orisinalitas, memungkinkan mereka untuk memverifikasi integritas akademik dari karya siswa yang disampaikan. Di G Suite for Education (gratis), guru dapat mengaktifkan laporan orisinalitas untuk 3 tugas. Pembatasan ini dicabut pada G Suite Enterprise for Education (berbayar).


  1. Kursus Arsip 

Ruang Kelas memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir semester atau tahun. Ketika sebuah kursus diarsipkan, itu dihapus dari beranda dan ditempatkan di area Kelas Arsip untuk membantu para guru mengatur kelas mereka saat ini. Ketika sebuah kursus diarsipkan, para guru dan siswa dapat melihatnya, tetapi tidak akan dapat mengubahnya sebelum dipulihkan.


  1. Aplikasi Seluler

Aplikasi seluler Google Classroom, diperkenalkan pada Januari 2015, tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkannya ke tugas mereka, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses offline.


  1. Privasi

Berbeda dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, dosen, dan guru, dan data pengguna tidak dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.


  1. Kegunaan Aplikasi Google Classroom

  1. Menyederhanakan aktivitas belajar dan mengajar 

  1. Tambahkan siswa secara langsung, atau bagikan kode atau link agar seluruh anggota kelas dapat bergabung

  2. Siapkan kelas dengan cepat dan buat tugas kelas yang muncul di kalender siswa

  3. Berkomunikasi dengan wali secara mudah dan kirimkan info terkini secara otomatis


  1. Membuat siswa lebih maju 

  1. Simpan masukan yang sering digunakan di bank komentar untuk respons yang cepat dan dipersonalisasi

  2. Beri nilai secara konsisten dan transparan dengan rubrik yang terintegrasi dengan tugas siswa

  3. Aktifkan laporan keaslian untuk memungkinkan siswa memindai tugas mereka guna menemukan kemungkinan plagiarisme.


  1. Memperkuat hubungan siswa 

  1. Terhubung dengan siswa Anda dari mana saja dengan pendekatan campuran dari kelas tatap muka dan kelas virtual

  2. Komunikasikan pengumuman penting di halaman Forum

  3. Wujudkan hubungan tatap muka dengan siswa menggunakan Google Meet yang disertakan di Classroom


  1. Melindungi data Anda 

  1. Pastikan setiap pengguna memiliki kredensial login yang unik guna menjaga keamanan akun masing-masing

  2. Batasi aktivitas Classroom hanya untuk anggota kelas

  3. Lindungi privasi siswa - data siswa tidak pernah digunakan untuk tujuan iklan


  1. Tutorial Penggunaan Aplikasi Google Classroom 

  1. Buka aplikasi browser atau peramban. Disini kami menggunakan Google Edge



  1. Buka website “classroom.google.com”


  1. Klik buat akun








  1. Setelah itu, klik buat kelas, klik centang dan lanjutkan







  1. Isi identitas kelas, lalu klik buat




  1. Ini dia tampilan kelas ketika berhasil dibuat, kita dapat memilih tema dan juga menambahkan foto untuk profil.




  1. Tab tugas kelas untuk memposting atau membuat, tab anggota untuk mengundang dan melihat anggota, tab nilai untuk mengetahui postingan tugas siswa sekaligus menginputnya.




  1. Membuat tugas untuk para siswa.

Klik tugas, isi identitas tugas, dan lampirkan tugas, lalu klik tugaskan.






  1. Membuat kuis untuk para siswa

Pada tab tugas kelas klik tugas kuis, isi identitas, lalu klik blank kuis. 




Lalu kostumisasi atau edit  Google Formulir.





  1. Membuat pengumuman atau informasi. 

Klik di bagian ‘umukan sesuatu ke kelas anda’, lalu tuliskan pengumuman yang ingin disampaikan dan klik posting.







  1. Membuat materi baru untuk siswa.

Pada tab tugas kelas, klik buat, klik materi, isi identitas materi dan lampirkan file materi.





  1. Membuat absen kelas

Pada tab tugas kelas, klik buat, klik pertanyaan, isi identitas.



  1. Memberi atau menginput nilai siswa.

klik tugas kelas lalu klik ‘diserahkan’





Lalu kita bisa langsung memberi nilai atau melihat tugasnya terlebih dahulu.





  1. Memposting tugas yang diberikan guru

Klik lihat tugas pada tab tugas kelas 




Lalu klik tambah atau buat dan masukan file tugas yang sudah Anda buat, dan klik serahkan.









Komentar